Permainan Menyusun kalimat lucu dengan tggl
lahirmu
Permainan ini Awali dengan kata KEMARIN
Contoh: KEMARIN .............
Angka Pertama Tanggal Lahir Anda
Contoh: Misal tanggal 13 nah yang di ambil angka satu nya
1: saya
2: kamu
3: Kita
Permainan ini Awali dengan kata KEMARIN
Contoh: KEMARIN .............
Angka Pertama Tanggal Lahir Anda
Contoh: Misal tanggal 13 nah yang di ambil angka satu nya
1: saya
2: kamu
3: Kita
ANgka Kedua Tanggal Lahir Anda
COntoH: 13 ya di ambil 3 nya
0: Melempar
1: Memotong
2: Memakan
3: membakar
4: Meneriaki
5: Menggoreng
6: Memukul
7: Mencuci
8: Mengigit
9: Memasak
Bulan Anda
1: Pak RT
2: Pria Ganteng
3: Pembantu Di Rumah
4: Tetangga sebelah
5: Pacar Ku
6. Musuh Berat ku
7: Anjing tetangga
8: Nenek Yang Buta
9: Kakek Renta
10: Seorang Anak Kecil
11: sebuah panci
12: Bayi
COntoH: 13 ya di ambil 3 nya
0: Melempar
1: Memotong
2: Memakan
3: membakar
4: Meneriaki
5: Menggoreng
6: Memukul
7: Mencuci
8: Mengigit
9: Memasak
Bulan Anda
1: Pak RT
2: Pria Ganteng
3: Pembantu Di Rumah
4: Tetangga sebelah
5: Pacar Ku
6. Musuh Berat ku
7: Anjing tetangga
8: Nenek Yang Buta
9: Kakek Renta
10: Seorang Anak Kecil
11: sebuah panci
12: Bayi
Angka Terakhir Tahun Lahir Anda
Misal: 1990 yang di ambil angka 0 nya
0: Dengan Ekspresi sedih
1: Terus Menerus
2: Tanpa Henti
3: Tanpa Berdosa
4: Sambil Tertawa
5: Dengan Riang Gembira
6: Dengan Seksama
7: Berjam-Jam
8: Sambil Menangis
9: Setiap Hari
Jenis gerak anggota badan
Energizer jenis ini biasanya digunakan dalam pelatihan
jika dilihat para peserta sudah kecapaian. Setelah seharian mereka diskusi atau
presentasi fasilitator, maka perlu digerakkan anggota badannya agar kondisi
psikologis kembali fress. Jenis ini bisa dilakukan secara individual maupun
berpasangan. Salah satu contoh adalah sebagai berikut:
v Jika kita katakan mangga, peserta mengangkat kedua tangan sambil berjinjit
v Jika kita katakan jeruk, kedua tangan peserta mengacung ke depan.
v Jika kita katakan kacang, peserta membungkukkan badan sambil kedua tangan
memegang sepatu.
Permainan tersebut bisa dimodifikasi, dan juga dapat dilakukan secara
bolak-balik tergantung kesepakatan dengan peserta.
Jenis tepuk tangan
Tepuk tangan pada awalnya adalah merupakan salah satu
ekspresi kegembiraan disamping tertawa. Biasanya kegembiraan yang diekspresikan
dengan tepuk tangan adalah saat mendengar atau melihat diri kita atau orang
lain yang memiliki hubungan dekat dengan kita mengalami suatu keberhasilan
tertentu. Misalnya kita mendengar kabar kita dinyatakan lulus ujian, atau bisa
juga anak kita sedang memenangi suatu perlombaan tertentu.
Ice breaking atau energizer jenis tepuk dapat
dilakukan oleh siapa saja. Bagi peserta yang kurang suka menyanyi atau juga
peserta yang kurang memiliki rasa percaya diri biasanya memilih model ini.
Tepuk tangan juga sangat bagus dilakukan oleh siapa saja dengan tidak melihat
usia. Dari anak kecil samapai orang tua tetap pantas melakukan jenis ini.
Untuk kepentingan energizer dalam pelatihan, tepuk
tangan dapat dimodifikasi menjadi banyak sekali modelnya. Pada kesempatan ini
saya akan memberikan beberapa model tepuk tangan, sebagai berikut:
TEPUK ANGGOTA BADAN
Jika kita pegang hidung, peserta tepuk 1 x
Jika kita pegang bibir, peserta tepuk 2 x
Jika kita pegang telinga, peserta tepuk 3 x
Jika kita bersedekap, peserta tepuk 4 x
(bisa dimodifikasi ataupun dibolak-balik ketentuannya)
TEPUK DIBALAS TEPUK
Jika kita tepuk 1x, peserta tepuk 4 x
Jika kita tepuk 2x, peserta tepuk 3 x
Jika kita tepuk 3x, peserta tepuk 2 x
Jika kita tepuk 4x, peserta tepuk 1 x
(bisa dimodifikasi ataupun dibolak-balik ketentuannya)
Dan masih banyak lagi.
Permainan
jempol kelingking
1. Mintalah semua
peserta tangan kanannya menunjukkan ibu jarinya, sedang tangan kirinya
menunjukkan jari kelingkingnya.
2. Arahkan ibu jari
dan kelingking tersebut mengarah ke kiri, bila ada ada aba – aba ke kanan maka
terjadi perubahan ibu jari jadi kelingking, yang tadinya menunjuk kelingking
maka akan berganti ibu jari
3. Begitu setrusnya
dapat bergantian,
Variasi
gerakan yang mungkin dilakukan :
Kata
jempol – jempol maka yang ditunjukkan kelingking, atau sebaliknya
Permainan
buah dan tubuh
1. Jika kita
katakan mangga, peserta mengangkat kedua tangan sambil berjinjit
2. Jika kita
katakan jeruk, kedua tangan peserta mengacung ke depan.
3. Jika kita
katakan kacang, peserta membungkukkan badan sambil kedua tangan memegang
sepatu.
Permainan
lepas tangkap
1. Mintalah semua
peserta membuka telapak tangan kirinya dengan membentuk posisi mendatar
2. Meletakkan
telunjuk tangan kanan ke telapak tangan kiri teman sebelahnya yang terbuka
3. Saat ada aba –
aba “tangkap” tangan anda yang terbuka berusaha menangkap telunjuk teman,
sebaliknya tangan yang menunjuk berusaha menghindari tangkapan temannya
Permainan
lawan kata
1. Mintalah peserta
untuk membuat tanda besar dengan membuat lingkran maya di depannya, dan
melentikkan kelingkingnya untuk menyatakan tanda yang kecil
2. Minta pesrta
membuat tanda yang berlawanan dengan hal yang disampaikan para trainer.
Maksudnya apabila yang diceritakan trainer hal yang besar maka peserta
membentuk tanda kecil (melentikkan kelingking), sedang bila trainer menyatakan
hal kecil maka peserta membuat tanda besar.
Puisi Berantai
Instruksi dan
petunjuk permainan
Caranya, bagi peserta dalam 2 kelompok dan mulailah dengan
memberikan instruksi sbb:
v
Kelompok diminta menyusun sebuah puisi yang
indah, dimana proses penyusunan puisi tersebut harus dilakukan oleh seluruh
anggota kelompok.
v
Setiap anggota kelompok boleh menuliskan satu
kata atau beberapa kata di whiteboard/flipchart secara bergantian dan kata-kata
tersebut harus melanjutkan apa yang sudah dituliskan rekan sebelumnya.
v
Untuk memulai kompetisi membuat puisi ini, minta
2 kelompok mengambil jarak dari whiteboard dan berbaris ke belakang.
v
Setelah aba-aba dimulai, orang pertama baru
boleh bergerak mengambil spidol dan menuliskan kata-kata.
v
Jika
orang pertama selesai maka dia harus meletakkan spidol dan kembali ke barisan
untuk kemudian anggota kelompok dibelakangnya segera maju mengambil spidol dan
menuliskan kata-kata di whiteboard.
v
Demikian
dilanjutkan hingga ke anggota kelompok terakhir.
v
Setelah selesai, kelompok harus membacakan
puisinya, dengan cara dibacakan orang-perorang apa yang dituliskan di
whiteboard/flipchart, lengkap dengan kreasi gaya dan intonasi.
Target
Pemenangnya adalah kelompok yang bisa membuat puisi lebih
cepat dan juga indah, termasuk juga dalam penyampaiannya.
Variasi
v
Kelompok bisa dikembangkan lebih banyak
tergantuk jumlah peserta training, namun biasanya makin banyak anggota tiap
kelompok, biasanya makin seru dan menarik hasil puisinya.
v
Fasilitator bertindak sebagai juri, jika ada
atasan peserta ataupun observer lain, dapat juga dilibatkan sebagi juri.
Tools:
v
White Board / Flip Chart
v
Spidol
kalimat berantai
v
Buat 2 group masing2 8 orang (tergantung
banyaknya dibagi 2 kelompok). Kita kasih 1 kertas pada masing2 kelompok dengan
kalimat yang sama, dengan panjang 8 - 10 kata. Lalu kalimat di teruskan ke
peserta dibelakang atau disebelahnya sampai ke orang terakhir.
v
Bila sudah orang terakhir harus membacakan
kalimat yang dia dengar atau menulisnya.
v
Si pemenang adalah yang dapat mengingat dengan
tepat dari kertas yang diberikan.
v
Waktu itu saya membawakan tema bahaya lidah jadi
sesuai dengan permainannya. Itu kan seperti gosip, kita mendengar dan selalu
ada yang menambahkan atau mengurangkan.
Mutiara Dalam Kerang
Games ini termasuk dalam kategori fun games. Sangat cocok
sebagai ice breaking (game untuk memecah kebekuan peserta outbound). Fun dan
penuh dengan keceriaan.
1.
Pertama-tama peserta outbound dibuat dalam suatu
lingkaran besar.
2.
Instruktur outbound memberikan aturan permainan
dalam keadaan peserta posisi lingkaran besar.
3.
Bila instruktur berkata “2” dan “5’, artinya
seluruh peserta membentuk kelompok, 2 orang berada di dalam lingkaran,
sedangkan 5 orang berada di luar lingkaran
4.
Bila instruktur berkata “5” dan “3” artinya
seluruh peserta membentuk kelompok dengan 5 orang berada di dalam lingkaran,
sedangkan 3 orang berada di luar lingkaran.
5.
Peserta yang tidak mendapatkan kelompok harus
keluar dari permainan untuk mendapatkan hukuman ala outbound.
6.
Games ini dapat digunakan untuk mencari kelompok
secara acak
Water Estafet
Peralatan yang dibutuhkan :
* Ember berisi air
* Gelas plastik
yang bagian bawahnya diberi lubang
* Sebuah botol
plastik
Cara permainan
v
Peserta duduk dalam posisi berbanjar
v
Peserta outbound paling depan bertugas mengambil
air, sedangkan peserta paling belakang bertugas menuang air ke dalam botol
v
Gelas yang telah berisi air secara estafet
diberikan kepada rekan dibelakangnya melalui kepala
v
Lubang gelas hanya boleh ditutup oleh jari
tangan saja
v
Menggunakan batas waktu tertentu
v
Botol yang berisi air terbanyak dengan batas
waktu tertentu adalah pemenangnya
Get Our Dream
Alat :
1.
Tali plastik kecil
2.
Carabineer
3.
Kerta bertuliskan impian peserta
Cara permainan :
1.
Tali diikatkan pada pohon-pohon
2.
Kerta bertuliskan impian ditempatkan pada pohon
dengan posisi kertas terbalik, sehingga tulisan tidak terlihat
3.
Peserta diberi carabineer
4.
Permainan ini diumpamakan peserta dalam posisi
menggantung pada tali dengan kaki tidak menyentuh tanah, sehingga mereka harus
menggunakan carabineer untuk tetap bisa menggantung
5.
Pada saat peserta berpindah dari tali yang satu
ke yang lain, mereka terlebih dahulu harus mengaitkan carabineer dengan tali
tersebut.
6.
Peserta harus tetap berjalan mencari kertas yang
bertuliskan impian mereka sendiri.
7.
Apabila peserta menemukan impian temannya, maka
harus dikembalikan ke tempat semula
8.
Setelah peserta menemukan impian mereka sendiri,
peserta harus kembali ke posisi start dengan cara yang sama
Find Your Family
Games outbound ini termasuk kategori fun game. Sangat cocok untuk dipakai ice breaking dan
untuk mencari kelompok secara acak.
Alat yang digunakan :
o
Penutup mata (slayer atau yang lainnya)
o
Tali rafiah untuk pembatas
Cara permainan games
1.
Sebelum permainan dimulai, arena diberi garis
pembatas dulu, tergantung kondisi lapangan
2.
Semua peserta outbound berada dalam area
3.
Semua peserta outbound diberi secarik kertas
yang bertuliskan suara binatang, misal : MEONG, GUK, CIT, PETOK, dll
4.
Masing-masing suara binatang maksimal 10 buah
kertas (tergantung jumlah kelompok yang akan dibentuk)
5.
Semua peserta outbound diminta menutup matanya
dengan slayer
6.
Peserta outbound harus mencari keluarganya
dengan cara menyuarakan suara yang telah
dibaca mereka sebelumnya
7.
Waktu pencarian dibatasi
8.
Peserta tidak boleh keluar arena
9.
Peserta tidak bersuara selain suara yang telah
ditentukan
Borgata Hotel Casino & Spa - Mapyro
BalasHapusFind 전라북도 출장샵 reviews, hours, directions, coupons and more 김포 출장샵 for Borgata 남양주 출장샵 Hotel Casino & 통영 출장안마 Spa in Atlantic City - view the map 군포 출장샵 Rooms: 4,044. Rating: 3.3 · 2,119 votes