Rabu, 05 September 2012

Menyusun Kalimat Lucu


Permainan Menyusun kalimat lucu dengan tggl lahirmu

Permainan ini Awali dengan kata KEMARIN
Contoh: KEMARIN .............

Angka Pertama Tanggal Lahir Anda
Contoh: Misal tanggal 13 nah yang di ambil angka satu nya

1: saya
2: kamu
3: Kita




ANgka Kedua Tanggal Lahir Anda
COntoH: 13 ya di ambil 3 nya
0: Melempar
1: Memotong
2: Memakan
3: membakar
4: Meneriaki
5: Menggoreng
6: Memukul
7: Mencuci
8: Mengigit
9: Memasak

Bulan Anda
1: Pak RT
2: Pria Ganteng
3: Pembantu Di Rumah
4: Tetangga sebelah
5: Pacar Ku
6. Musuh Berat ku
7: Anjing tetangga
8: Nenek Yang Buta
9: Kakek Renta
10: Seorang Anak Kecil
11: sebuah panci
12: Bayi




Angka Terakhir Tahun Lahir Anda
Misal: 1990 yang di ambil angka 0 nya

0: Dengan Ekspresi sedih
1: Terus Menerus
2: Tanpa Henti
3: Tanpa Berdosa
4: Sambil Tertawa
5: Dengan Riang Gembira
6: Dengan Seksama
7: Berjam-Jam
8: Sambil Menangis
9: Setiap Hari

Jenis gerak anggota badan
Energizer jenis ini biasanya digunakan dalam pelatihan jika dilihat para peserta sudah kecapaian. Setelah seharian mereka diskusi atau presentasi fasilitator, maka perlu digerakkan anggota badannya agar kondisi psikologis kembali fress. Jenis ini bisa dilakukan secara individual maupun berpasangan. Salah satu contoh adalah sebagai berikut:
v  Jika kita katakan mangga, peserta mengangkat kedua tangan sambil berjinjit
v  Jika kita katakan jeruk, kedua tangan peserta mengacung ke depan.
v  Jika kita katakan kacang, peserta membungkukkan badan sambil kedua tangan memegang sepatu.
Permainan tersebut bisa dimodifikasi, dan juga dapat dilakukan secara bolak-balik tergantung kesepakatan dengan peserta.
Jenis tepuk tangan
Tepuk tangan pada awalnya adalah merupakan salah satu ekspresi kegembiraan disamping tertawa. Biasanya kegembiraan yang diekspresikan dengan tepuk tangan adalah saat mendengar atau melihat diri kita atau orang lain yang memiliki hubungan dekat dengan kita mengalami suatu keberhasilan tertentu. Misalnya kita mendengar kabar kita dinyatakan lulus ujian, atau bisa juga anak kita sedang memenangi suatu perlombaan tertentu.
Ice breaking atau energizer jenis tepuk dapat dilakukan oleh siapa saja. Bagi peserta yang kurang suka menyanyi atau juga peserta yang kurang memiliki rasa percaya diri biasanya memilih model ini. Tepuk tangan juga sangat bagus dilakukan oleh siapa saja dengan tidak melihat usia. Dari anak kecil samapai orang tua tetap pantas melakukan jenis ini.
Untuk kepentingan energizer dalam pelatihan, tepuk tangan dapat dimodifikasi menjadi banyak sekali modelnya. Pada kesempatan ini saya akan memberikan beberapa model tepuk tangan, sebagai berikut:

TEPUK ANGGOTA BADAN
Jika kita pegang hidung, peserta tepuk 1 x
Jika kita pegang bibir, peserta tepuk 2 x
Jika kita pegang telinga, peserta tepuk 3 x
Jika kita bersedekap, peserta tepuk 4 x
(bisa dimodifikasi ataupun dibolak-balik ketentuannya)

TEPUK DIBALAS TEPUK
Jika kita tepuk 1x, peserta tepuk 4 x
Jika kita tepuk 2x, peserta tepuk 3 x
Jika kita tepuk 3x, peserta tepuk 2 x
Jika kita tepuk 4x, peserta tepuk 1 x
(bisa dimodifikasi ataupun dibolak-balik ketentuannya)
Dan masih banyak lagi.

Permainan jempol kelingking
1.      Mintalah semua peserta tangan kanannya menunjukkan ibu jarinya,  sedang tangan kirinya menunjukkan jari kelingkingnya.
2.      Arahkan ibu jari dan kelingking tersebut mengarah ke kiri, bila ada ada aba – aba ke kanan maka terjadi perubahan ibu jari jadi kelingking, yang tadinya menunjuk kelingking maka akan berganti ibu jari
3.      Begitu setrusnya dapat bergantian,
Variasi gerakan yang mungkin dilakukan :
Kata jempol – jempol maka yang ditunjukkan kelingking, atau sebaliknya

Permainan buah dan tubuh
1.      Jika kita katakan mangga, peserta mengangkat kedua tangan sambil berjinjit
2.      Jika kita katakan jeruk, kedua tangan peserta mengacung ke depan.
3.      Jika kita katakan kacang, peserta membungkukkan badan sambil kedua tangan  memegang sepatu.

Permainan lepas tangkap
1.      Mintalah semua peserta membuka telapak tangan kirinya dengan membentuk posisi mendatar
2.      Meletakkan telunjuk tangan kanan ke telapak tangan kiri teman sebelahnya yang terbuka
3.      Saat ada aba – aba “tangkap” tangan anda yang terbuka berusaha menangkap telunjuk teman, sebaliknya tangan yang menunjuk berusaha menghindari tangkapan temannya

Permainan lawan kata
1.      Mintalah peserta untuk membuat tanda besar dengan membuat lingkran maya di depannya, dan melentikkan kelingkingnya untuk menyatakan tanda yang kecil
2.      Minta pesrta membuat tanda yang berlawanan dengan hal yang disampaikan para trainer. Maksudnya apabila yang diceritakan trainer hal yang besar maka peserta membentuk tanda kecil (melentikkan kelingking), sedang bila trainer menyatakan hal kecil maka peserta membuat tanda besar.

Puisi Berantai
Instruksi dan petunjuk permainan
Caranya, bagi peserta dalam 2 kelompok dan mulailah dengan memberikan instruksi sbb:
v  Kelompok diminta menyusun sebuah puisi yang indah, dimana proses penyusunan puisi tersebut harus dilakukan oleh seluruh anggota kelompok.
v  Setiap anggota kelompok boleh menuliskan satu kata atau beberapa kata di whiteboard/flipchart secara bergantian dan kata-kata tersebut harus melanjutkan apa yang sudah dituliskan rekan sebelumnya.
v  Untuk memulai kompetisi membuat puisi ini, minta 2 kelompok mengambil jarak dari whiteboard dan berbaris ke belakang.
v  Setelah aba-aba dimulai, orang pertama baru boleh bergerak mengambil spidol dan menuliskan kata-kata.
v   Jika orang pertama selesai maka dia harus meletakkan spidol dan kembali ke barisan untuk kemudian anggota kelompok dibelakangnya segera maju mengambil spidol dan menuliskan kata-kata di whiteboard.
v   Demikian dilanjutkan hingga ke anggota kelompok terakhir.
v  Setelah selesai, kelompok harus membacakan puisinya, dengan cara dibacakan orang-perorang apa yang dituliskan di whiteboard/flipchart, lengkap dengan kreasi gaya dan intonasi.
Target
Pemenangnya adalah kelompok yang bisa membuat puisi lebih cepat dan juga indah, termasuk juga dalam penyampaiannya.
Variasi
v  Kelompok bisa dikembangkan lebih banyak tergantuk jumlah peserta training, namun biasanya makin banyak anggota tiap kelompok, biasanya makin seru dan menarik hasil puisinya.
v  Fasilitator bertindak sebagai juri, jika ada atasan peserta ataupun observer lain, dapat juga dilibatkan sebagi juri.
Tools:
v  White Board / Flip Chart
v  Spidol

kalimat berantai
v  Buat 2 group masing2 8 orang (tergantung banyaknya dibagi 2 kelompok). Kita kasih 1 kertas pada masing2 kelompok dengan kalimat yang sama, dengan panjang 8 - 10 kata. Lalu kalimat di teruskan ke peserta dibelakang atau disebelahnya sampai ke orang terakhir.
v  Bila sudah orang terakhir harus membacakan kalimat yang dia dengar atau menulisnya.
v  Si pemenang adalah yang dapat mengingat dengan tepat dari kertas yang diberikan.
v  Waktu itu saya membawakan tema bahaya lidah jadi sesuai dengan permainannya. Itu kan seperti gosip, kita mendengar dan selalu ada yang menambahkan atau mengurangkan.

Mutiara Dalam Kerang
Games ini termasuk dalam kategori fun games. Sangat cocok sebagai ice breaking (game untuk memecah kebekuan peserta outbound). Fun dan penuh dengan keceriaan.
1.       Pertama-tama peserta outbound dibuat dalam suatu lingkaran besar.
2.       Instruktur outbound memberikan aturan permainan dalam keadaan peserta posisi lingkaran besar.
3.       Bila instruktur berkata “2” dan “5’, artinya seluruh peserta membentuk kelompok, 2 orang berada di dalam lingkaran, sedangkan 5 orang berada di luar lingkaran
4.       Bila instruktur berkata “5” dan “3” artinya seluruh peserta membentuk kelompok dengan 5 orang berada di dalam lingkaran, sedangkan 3 orang berada di luar lingkaran.
5.       Peserta yang tidak mendapatkan kelompok harus keluar dari permainan untuk mendapatkan hukuman ala outbound.
6.       Games ini dapat digunakan untuk mencari kelompok secara acak


Water Estafet
Peralatan yang dibutuhkan :
    * Ember berisi air
    * Gelas plastik yang bagian bawahnya diberi lubang
    * Sebuah botol plastik
Cara permainan
v  Peserta duduk dalam posisi berbanjar
v  Peserta outbound paling depan bertugas mengambil air, sedangkan peserta paling belakang bertugas menuang air ke dalam botol
v  Gelas yang telah berisi air secara estafet diberikan kepada rekan dibelakangnya melalui kepala
v  Lubang gelas hanya boleh ditutup oleh jari tangan saja
v  Menggunakan batas waktu tertentu
v  Botol yang berisi air terbanyak dengan batas waktu tertentu adalah pemenangnya

Get Our Dream
Alat :
1.       Tali plastik kecil
2.       Carabineer
3.       Kerta bertuliskan impian peserta
Cara permainan :
1.       Tali diikatkan pada pohon-pohon
2.       Kerta bertuliskan impian ditempatkan pada pohon dengan posisi kertas terbalik, sehingga tulisan tidak terlihat
3.       Peserta diberi carabineer
4.       Permainan ini diumpamakan peserta dalam posisi menggantung pada tali dengan kaki tidak menyentuh tanah, sehingga mereka harus menggunakan carabineer untuk tetap bisa menggantung
5.       Pada saat peserta berpindah dari tali yang satu ke yang lain, mereka terlebih dahulu harus mengaitkan carabineer dengan tali tersebut.
6.       Peserta harus tetap berjalan mencari kertas yang bertuliskan impian mereka sendiri.
7.       Apabila peserta menemukan impian temannya, maka harus dikembalikan ke tempat semula
8.       Setelah peserta menemukan impian mereka sendiri, peserta harus kembali ke posisi start dengan cara yang sama


Find Your Family
Games outbound ini termasuk kategori fun game.  Sangat cocok untuk dipakai ice breaking dan untuk mencari kelompok secara acak.
Alat yang digunakan :
o   Penutup mata (slayer atau yang lainnya)
o   Tali rafiah untuk pembatas
Cara permainan games
1.       Sebelum permainan dimulai, arena diberi garis pembatas dulu, tergantung kondisi lapangan
2.       Semua peserta outbound berada dalam area
3.       Semua peserta outbound diberi secarik kertas yang bertuliskan suara binatang, misal : MEONG, GUK, CIT, PETOK, dll
4.       Masing-masing suara binatang maksimal 10 buah kertas (tergantung jumlah kelompok yang akan dibentuk)
5.       Semua peserta outbound diminta menutup matanya dengan slayer
6.       Peserta outbound harus mencari keluarganya dengan cara menyuarakan  suara yang telah dibaca mereka sebelumnya
7.       Waktu pencarian dibatasi
8.       Peserta tidak boleh keluar arena
9.       Peserta tidak bersuara selain suara yang telah ditentukan





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar